Pages

Kamis, 30 Agustus 2012

Perubahan Bentuk Komunikasi di Masyarakat

Masyarakat saat ini tidak asing lagi dengan istilah komunikasi, dimana terjadi hubungan interaksi atau timbal balik individu dengan individu yang lain. Komunikasi sendiri sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan tiap zaman bentuk komunikasi selalu berubah-ubah, di zaman prasejarah dulu bentuk komunikasi mungkin identik dengan gerak tubuh dan seiring waktu berlalu dan bahasa ditemukan maka bentuk komunikasi sekarang sering diucapkan dalam bentuk kalimat. Komunikasi saat ini juga telah semakin maju, dulu banyak masyarakat berkomunikasi dengan seseorang dengan cara menghampirinya atau bagi yang ingin berkomunikasi dengan seseorang lain kota atau lain pulau harus menulis surat dan itu dikirim melalui kantor pos, bahkan waktu diterimanya surat tersebut belum tentu tepat waktu. Saat ini dengan berkembangnya teknologi masyarakat tidak perlu lagi khawatir jika ingin menghubungi seseorang yang jauh dari tempatnya bahkan bisa lebih tepat waktu, sekarang sudah muncul handphone, internet, sosial media yang membantu seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain. Contohnya sosial media facebook yang sempat populer di tahun 2008 meskipun saat ini juga masih populer, facebook ini sangat berguna bagi kita untuk menemukan semisal teman kita yang sudah lama tidak pernah bertemu lagi dan komunikasi antar kedua individu tersebut dapat terjalin kembali. Banyak sekali sekarang masyarakat dalam berkomunikasi mengandalkan teknologi tidak seperti dulu  yang masih menggunakan alat-alat tradisional seperti kentongan. Perubahan ini tentu membawa dampak positif serta negatif bagi masyarakat, dampak positif dari kejadian ini adalah seseorang lebih mudah dalam berkomunikasi tentunya, seseorang lebih cepat mengirim pesan ke temannya tanpa menunggu berhari-hari lamanya. Dampak negatif dari kejadian ini seseorang menjadi ketergantungan dengan teknologi serta lebih menutup diri karena dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa bertemu secara langsung di dunia nyata sehingga membuatnya lebih sering di dalam rumahnya daripada bersosialisasi di luar. Dari dampak-dampak di atas tentu kita harus dapat menyeimbangkannya agar teknologi tidak membuat kita menjadi ketergantungan dan tentu kita harus dapat menggunakan teknologi yang selalu maju dengan pesat ini secara bijak.

Jumat, 17 Agustus 2012

Indonesia di Usia Ke-67

Saat ini Indonesia telah memasuki usia ke-67 dimana usia tersebut memasuki usia emas. Usia ke-67 ini ibarat dimana seseorang seharusnya telah menikmati usaha kerja kerasnya saat masih muda tetapi ini berbeda untuk Indonesia. Justru di Indonesia sendiri masih banyak persoalan-persoalan yang belum diselesaikan, seperti korupsi yang masih merebak, kemiskinan, perebutan kekuasaan, dan persoalan sosial yang lainnya. Di hari kemerdekaan ini pemerintah pusat, daerah, maupun kita sebagai warga negara harus dapat saling bahu-membahu menyelesaikan masalah di atas, kita tidak boleh hanya menyerahkannya kepada pemerintah karena Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan dan penduduknya sendiri bersifat multikultur. Apabila kita hanya berpangku tangan pada pemerintah saja tentu masalah di atas sulit untuk di berantas, seperti yang terjadi sekarang banyak penduduk Indonesia berdemo agar kemiskinan dapat di berantas tetapi penduduk Indonesia tidak ikut berjuang membantu memberantas kemiskinan tersebut dengan bekerja atau membuka lapangan pekerjaan sendiri, justru mereka lebih sering mengharap BLT dari pemerintah. Karena masalah itu juga yang menyebabkan banyak pengemis di Indonesia.

Bercermin dari masalah itu tentu kemerdekaan Indonesia ke-67 dapat dijadikan cambuk bagi kita semua agar Indonesia dapat menuju kearah yang lebih baik. Para pelajar/mahasiswa merupakan penerus bangsa ini yang harus dapat di didik dengan baik sehingga saat mereka siap mempimpin bangsa ini mereka tahu akan di bawa kemana Indonesia ini. Perjuangan para pahlawan Indonesia di masa lalu agar Indonesia dapat merdeka sekaligus mempertahankan merdeka harus dapat di contoh di masa sekarang tetapi dengan cara berbeda. Jika dulu mereka mempertahankan kemerdekaan dengan berperang tentu sekarang kita dalam mempertahankan kemerdekaan dengan belajar maupun berorganisasi. Semua penduduk Indonesia pasti ingin negara Indonesia maju, rakyatnya makmur dan sejahtera oleh sebab itu kita harus mampu mewujudkan keinginan tersebut dengan cara kita sendiri yang positif sehingga Indonesia akan disegani oleh negara lain dan tidak dipandang sebelah mata. Untuk sekali lagi selamat hari kemerdekaan Indonesia ke-67, MERDEKA !!

Rabu, 08 Agustus 2012

Yuhuuuu aku kembali :p

setelah berapa bulan atau tahun ya -_- jarang ngeblog lagi haha kena penyakit males sekaligus jarang ada cerita menarik yg mau di ungkit.. oke buat yg pertama aku kasih kabar akhirnya skrg berhasil menjadi mahasiswa aku haha walopun tidak di UGM :( tapi tak apalah asal bisa kuliah terus lanjut kerja kan bsk pas S2 bisa di UGM atau mungkin di luar negeri :D

oke jadi aku skrg kuliah di universitas atma jaya yogyakarta atau disingkat uajy :D

logo uajy
di gambar logo uajy tersebut ada semboyan kan, nah artinya itu Serviens In Lumine Veritatis: Melayani Dalam Cahaya Kebenaran keren bahasa latinnya :p berhubung aku udah jadi mahasiswa baru di uajy trus ini juga pilihanku jadi aku harus bisa nyelesein kuliahku disini jgn sampe di DO atau jadi mahasiswa abadi lah :( oh ya sebenernya ada 1 universtas ngeri lagi di yogya yaitu UNY dan ada seleksi mandirinya pdhl kalo aku ikut kemungkinan masuk UNY juga bisa tapi disana gak ada jurusan yg aku minati :p padahal di uajy aku malah masuk sosiologi pdhl ngincer ilmu komunikasi :( ya gapapa deh yg penting masih satu fakultas fisip :D

apa lagi yo?? oh, itu letak dari uajy strategis uajy punya 4 atau 5 kampus.. lupa -_- yg 1 di gejayan,mrican yg 4 lainnya di babarsari yg tinggal di yogya mesti taulah daerahnya. Bener2 strategis dah kalo yg di babarsari, banyak rumah makan, mini market, hotel, tempat hiburan, warnet, deket kolam renang, deket SMA BBC kalo mau liat tawuran bisa nih :p sama ada haunted house tiap tahun di depan hotel Sahid deket uajy juga (ini mau kuliah apa seneng2 ya??) well, mungkin itu saja dulu soalnya aku jg belum mulai ospek jadi belum tau seluk beluk kampusnya, bsk kalau udah ospek aku ceritain lagi disini sambil posting foto2 gedung dan ruangan uajy, siapa tau para reader tertarik masuk di uajy :D

Rabu, 11 April 2012

Senen Depan UN SMA !!!

yah, seperti judul di atas UN SMA 2012 besok senen uda di mulai *shock* hahaha mungkin begitu yg dirasakan temen2 kelas 12 SMA yg laen tapi kok buat ku malah biasa aja ya memang sih ada sedikit rasa kurang siap tapi gimana ya susah di jelasin hahaha pokoknya serasa di bawa santai aja padahal ini UN, nentuin apa kita bisa lulus SMA ato egak.. well, meskipun UN kali ini ada bantuan dari nilai sekolah yg kira2 60% UN dan 40% nilai sekolah (bener gak ini??) semoga aja bisa tetep lulus dgn nilai yg camlaude (bener gak tulisannya)

sebenernya masih pengen nulis yg banyak, tapi berhubung uda mau UN jadi ya aku harus belajar nih abis posting ini *gaya ya* masih lemah di bagian matematika sama ekonomi soalnya aku :( ya semoga matematika UN besok dapet yg terbaik lah paling gak 7 keatas :D ah, rencana jg abis lulus aku mau lanjut ke kuliah di UGM jurusan HI kalo gak ilmu komunikasi semoga aja bisa diterima di salah satu jurusan itu *amiinn*

mungkin segini dulu aja ya, aku jg males nulis jg saat ini :p
satu lagi, hari ini jg ada peristiwa lagi gempa di sumatera semoga yg ada di sumatera pada baik2 aja ya, mari kita doain bersama2 saudara2 kiata yg ada di sumatera yg telah terjadi gempa dan berpotensi tsunami katanya #PrayForSumatera

Sabtu, 10 Maret 2012

MASYA ALLAH GAK KE URUS !!

parah ini blog saya sekarang udah gak ke urus lagi hahahaha :D saking sibuknya buat ngadepin UN SMA april bulan depan jadi jarang posting lagi.. sebenernya sama gak ada cerita buat saya ceritain disini juga sih padahal banyak pengalaman yg terjadi dari kemarin2 tapi udah lupa sekarang :p

oke gini deh, kemaren saya abis selesai ujian praktek di sekolah semoga aja nilainya baek2 trus gurunya mau ngasih bonus nilai jadi gak perlu ngulang lagi prakteknya hahahaha, nah sementara buat besok senen itu uda mulai ujian sekolah dari 12 maret sampai 18 ato 19 maret 2012 kalo gak salah saya hehehe.. doakan saya aja ya pembaca semoga dapet nilai terbaik trus bisa lulus buat UN april itu.

rencana abis lulus SMA ini saya punya tujuan buat ngelanjutin kuliah di UGM, pengennya begitu semoga keterima dah saya disana lagian saya juga dapet jalur undangan dari pihak SNMPTN jadi paling gak ada kesempatan buat masuk kesana tanpa lewat ujian tertulis SNMPTN :D semoga aja saya dapet keterima disana fakultas isipo jurusan HI buat piliha pertama saya dan ilmu komunikasi buat pilihan kedua :)

untuk sementara ini dulu aja postingan saya, insyallah saya posting lagi buat beberapa hari kedepan sekaligus nyertiain pengalaman saya ttg ujian sekolah besok :D udah buru2 mau sekolah nih saya ngambil kartu peserta :p

Kamis, 29 Desember 2011

welcome back

lama nggak posting disini lagi, uda sebulan nggak posting jadi banyak debu ni blog :p bersihin dulu deh dari debu" sama sarang laba-labanya :D

well, selama sebulan ini memag lagi sibuk beberapa kegiatan di sekolah maklum uda kelas 12 SMA jadi uda mulai intensif buat unas.. banyak perubahan yg terjadi selama aku nggak posting di blog ini. Ya sekarang hp ku baru lho huehehehe pake android sekarang ini :D setelah lama mengidamkan akhirnya punya juga lalu tentang kegalauan ku yg dulu sekarang sudah hilang paling tidak uda nggak galau lagi lah sekarang.

yep, cuma ini yg bisa aku posting sekarang, mau holiday dulu lah sekarang refreshing dikit :p ntar kalo ada waktu aku posting lagi mungkin ttg liburan ku ya :D

Sabtu, 05 November 2011

PERKENALAN KU DENGAN INTERNET

Aku mulai berkenalan dengan yg namanya internet itu saat aku menginjakan kaki di kelas 5 SD dan itu saat tahun 2005 sementara sekarang aku sudah kelas 12 SMA yg artinya sebentar lagi akan menghadapi UNAS. Aku di kenalkan oleh temanku dengan yg namanya internet, jadi waktu itu ada seorang temanku yg mengajak untuk pergi ke warnet sementara aku saat itu tidak tahu apa itu warnet.
"hey bro, ntar pulang sekolah mau nemenin aku kagak?" tanya temanku. 
"kemana?" jawab aku
"ke warnet lah kita maen game online, emang belom pernah ke warnet?" tanya dia lagi 
"belom pernah nih, emang disana ada apaan?" jawabku lagi
"udah nanti pulang sekolah ikut aja, asik kok tempatnya." katanya
akhirnya setelah obrolan tersebut aku langsung mengiyakan saja ajakan temenku. Saat pulang sekolah tanpa disuruh lagi akhirnya aku sama temenku cuma berdua pergi ke warnet deket sekolah itu. Dan sesampainya disana temenku langsung ngeloyor masuk bilik komputer dan maen game sementara aku cuma bisa ngikutin dia soalnya aku belom pernah maen ke warnet saat itu.
"itu game apaan bro?" tanyaku
"ini namanya game online, beda sama kalo kita maen PS dirumah" jawabnya sambil tetep maen game
"lah bedanya apaan? jangan bilang kalo bedanya ini maen di komputer tapi kalo PS maen di TV." jawabku yg masih tampak polos soal internet
"hahaha ya bukan itu. Bedanya ini kalo maen pake internet." jawabnya sambil n tetep asik maen game
"oh, emang internet apaan?" tanyaku lagi
"itu semacem apa ya, aku bingung juga yg jelasin yg pasti kalo ada internet itu kita bisa komunikasi sama orang laen yg diluar sana." jawab temenku
"oh keliatannya seru juga ya, internet itu cuma bisa buat ngegame aja ya?" tanyaku sekali lagi
"egak juga sebenernya bisa buat yg laen selaen ngegame tapi yg aku tau ya cuma buat ngegame, hahahaha" jawab dia
setelah mendengar penjelasan dari temenku itu akhirnya aku sedikit mengenal internet dan mulai ikut-ikutan menggunakan internet walaupun masih sebatas buat maen game aja.

Selang 2-3 tahun aku sudah menjadi seorang pelajar SMP dan makin mengenal yg namanya internet selain untuk ngegame online tentunya. Internet saat aku masih SMP aku gunakan untuk mencari tugas-tugas yg diberikan oleh guru-guru di sekolah serta juga untuk maen game online tentunya. Pada masa itu internet ternyata tidak hanya berdampak positif bagiku tetapi juga berdamapk negatif, karena waktu itu yg namanya pelajar juga jadi pasti internet banyak digunakan untuk hal negatif seperti untuk membuka situs dewasa. Waktu itu aku masih menggunakan web browser INTERNET EXLPORER untuk menjelajahi dunia maya, maklum masih newbie dalam hal internet aku. Selain itu saat masa itu juga aku mempunyai jejaring sosial friendster yg masih booming waktu itu tapi sekarang friendster atau FS kalah oleh facebook (FB), twitter, dan google+ (G+) tapi selain bermain FS aku juga selalu mengunjungi wikipedia untuk menambah ilmu pengetahuan. ya pada waktu SMP itu internet sangat berkesan bagiku sehingga aku bisa "Xlangkah Lebih Maju" dari yg laen.

Lalu pada saat ini internet telah menjelma menjadi bagian diriku yg laen, bagaimana tidak?? sekarang aja tiap harinya aku bisa duduk berjam-jam di depan komputer untuk berselancar di dunia maya seperti hanya unutk online FB, twitter, google+ serta membuka kaskus.us, tapi yg sering aku kunjungi adalah kaskus karena disana banyak terdapat berita-berita yg menarik dan menambah ilmu pengetahuan. Di saat ini aku juga udah bisa membedakan mana yg positif dan negatif dari internet sehingga intensitasku untuk membuka situs yg dewasa udah gak ada lagi, Alhamdulilah ya :D ya sekarang aku di kelas 12 SMA dan internet ini sangat memberikan dampak penting bagiku karena dgn internet sekarang aku tidak harus membeli buku karena dapat mendownload ebook untuk dibuka di dalam komputer, dan dengan internet juga sekarang aku dapat mencari soal-soal latihan belajar uutk menghadapi UNAS besok di tahun depan itu 2012.

Mungkin aku harus berterima kasih sama temenku waktu SD yg telah mengenalkan dengan internet dan hingga sekarang akhirnya hubunganku dengan internet semakin dalam saja karena tiap waktu aku selalu bersamanya di depan komputer hingga mataku jadi minus :p dan sekali lagi ini berkat internet hidupku sekarang “XLangkah Lebih Maju”


 
 
 
 
 
 
 
 
 

About

Ada kesalahan di dalam gadget ini